sejarah perhotelan

Sejarah Tentang Perhotelan

Hotel :

Sejarah Tentang Perhotelan

 

Hotel berasal dari kata Hostel yang artinya tempat tinggal sementara, dengan dilengkapi layanan minuman serta makanan. Hotel juga berasal dari kata Inn yang memiliki makna suatu usaha menyewakan sebagian rumah sebagai tempat tinggal orang lain. Selain itu, hotel ini juga berasal dari kata lodge yang artinya tempat untuk beristirahat bagi seseorang ynag berada di tengah perjalanan namun tidak bisa melanjutkan perjalanannya karena telah larut malam. Apakah anda mengetahui bagaimanakah sejarah hotel tersebut? Berikut adalah ulasan bagaimana sejarah hotel di dunia bermula.

Hotel sendiri telah ada sejak Mariam serta Yusuf mencari tempat menginap ketika hendak melahirkan Nabi Isa AS. Hingga pada masa kerajaan Romawi, mulai dibangun sebuah mansion pada sepanjang lokasi jalan utama dengan panjang jarak sekitar 40 KM. Kemudian di pertengahan jaman kerajaan Romawi, muncullah peraturan keagamaan di kawasan Eropa yang memerintahkan untuk mulia dibangun penginapan di sisi-sisi jalan. Selain itu, ketika perang salib para pengusaha penginapan mulai menyiapkan penginapan dengan beberapa fasilitas lain.

Dengan dasar sejarah tersebut, maka berkembanglah beberapa hotel dengan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjangnya. Dimulai dari didirikannya hotel tertua di tahun 1129 di Inggris, kemudian disusul pembangunan hotel di Amerika pada 1670. Hampir seabad kemudian, dibangunlah sebuah penginapan di New York, Amerika Serikat dengan nama De Lancey dan kemudian berubah nama menjadi Queens Head Tavern sebagai cerminan Amerika Serikat pada masa lampau. Saat ini hotel tersebut telah berubah menjadi sebuah restoran dengan nama Frannces Tavern.

convent garden

Tidak lama kemudian, pembangunan hotel di kawasan Convent Garden mulai dilakukan. Di New York, tepatnya 1794 dibangunlah hotel dengan total 170 kamar didalamnya dengan nama City Hotel.

Inovasi hotel mulai berkembang. Pada 1829 dibangunlah Boston’s Tremont House yang merupakan hotel pertama yang menyajikan konsep hotel dengan kamar single atau double, serta adanya tamahan ruangan seperti conference hall untuk kepentingan tertentu serta dilengkapi dengan jumlah kamar sebanyak 270 kamar.

Pada awal perkembangannya, hotel-hotel cenderung dibangun di dekat stasiun kereta api karena pada saat itu belum terdapat pesawat terbang ataupun mobil sebagai transportasi mereka. Sehingga saat itu hotel dikelompokkan berdasarkan jenis transportasi seiring berkembangnya jaman.

Sebenarnya untuk di Indonesia, perkembangan hotel sudah dimulai sejak Perang Dunia I, namun jumlah wisatawan belum terlalu banyak hanya sejumlah ribuan. Namun karena pendatang dari luar negeri juga membutuhkan tempat untuk tinggal sementara, maka sementara dibangunlah beberapa hotel untuk menunjang mereka selama berada di Indonesia.

Hotel yang pertama kali dibangun di Indonesia yaitu Hotel Des Indes yang pernag menjadi hotel Duta Indonesia. Selanjutnya dibangunlah Hotel Indonesia yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 5 Agustus 1962 dengan menggunakan jasa arsitek asing.  Bangunan ini berukuran 25.000 meter persegi dengan konsep yang masih kental akan budaya Indonesia. Hotel ini kemudian dinobatkan sebagai salah satu situs warisan budaya sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta No 475 tanggal 29 Maret 1993.

About the Author

Booking Form

Please write the details of the guest for the booking

X
BOOK NOW